fbpx

3 Tips Jitu Menulis Iklan di Media Sosial

Ingin ngiklan di media sosial tapi langsung mati gaya karena bingung mau nulis apa? Memang menulis untuk menarik pembeli tidak semudah itu dan membutuhkan keahlian spesifik yang disebut sebagai copywriting. Jangan khawatir, di sini Mako mau berbagi tips dan trik menulis yang efektif dan menarik agar iklan di media sosial kamu menarik perhatian (dan hati) para calon pembelimu!

Singkat, padat, jelas = iklan berkualitas

Menurut CNBC, seorang cuma akan meluangkan waktu sekitar 6-10 detik untuk melihat sebuah iklan di media sosialnya sebelum mereka mengalihkan perhatiannya ke hal lain. 

Tulisan yang terlalu rumit atau bertele-tele cenderung akan membuat para pembaca malas untuk membaca tulisannya. Jika itu terjadi, maka informasi tentang produk kamu dikhawatirkan tidak sampai kepada mereka.

Itulah mengapa tulisan pada iklan sebaiknya singkat dan jelas namun tetap bisa menarik perhatian orang di dalam rentang waktu yang terbatas. Memang tidak mudah, tetapi di situlah seni dan serunya belajar copywriting. Jadi, yuk semangat dan tuangkan semua kreativitasmu!

Tips paling jitu dari Mako? Pahami apa yang biasanya disukai oleh audiens media sosial kamu, ketahuilah keunggulan produk kamu, dan gabungkan kedua hal itu menjadi satu key message yang akan kamu tonjolkan dalam iklan kamu.

 

Prioritaskan menyampaikan keuntungan pelanggan!

Salah satu naluri utama manusia, apalagi konsumen, adalah “what’s in it for me?” atau “apa keuntungan yang akan saya dapatkan dengam (membeli) produk ini?”. Jika kita aplikasikan hal ini ke dalam dunia periklanan, maka tulisan yang paling ditonjolkan di awal kalimat seharusnya adalah keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan kamu.

Jika kamu ingin menambahkan info yang lebih detail tentang produknya, bisa dimasukkan ke dalam sub judul atau tulisan yang tidak terlalu menonjol dalam iklanmu.

Agar lebih mudah dimengerti, lihat contoh dari Mako ini yuk: Ada sebuah toko yang menjual produk makanan ringan bernama “Potatips”. Kalimat yang sebaiknya dihindari adalah “Potatips adalah makanan ringan yang renyah dan enak!”. Sementara kalimat yang sebaiknya ditonjolkan adalah “WFH kamu jadi lebih seru dengan Potatips!”. Dilanjut dengan tulisan yang lebih kecil seperti “Dapatkan kenikmatan ini hanya dengan harga Rp10,000 di e-commerce favorit kamu!”

 

KBBI menjadi sahabat terbaik kamu

Salah satu unsur paling penting dalam copywriting pada iklan media sosial adalah bahasa yang baik dan benar. Mungkin awalnya terdengar sangat sepele, tetapi sebenarnya struktur kalimat dan penulisan yang sesuai dengan KBBI sangatlah esensial dalam pembuatan iklan.

Bahasa yang kurang tepat tidak hanya akan membuat pembaca kamu bingung dan mengurangi ketertarikan mereka terhadap produk kamu, tetapi juga bisa mengakibatkan mereka mempertanyakan kredibilitas toko kamu.

Memang kesalahan dalam penulisan terlihat sebagai kesalahan yang kecil, tetapi kalau tidak hati-hati bisa cukup fatal loh! Jadi jangan lupa untuk periksa kembali penulisan dalam iklan kamu, ya.

Nah, itu tadi tips yang Mako punya tentang penulisan dalam iklan media sosial. Jadi jangan lupa untuk pastikan iklan kamu itu singkat, padat, menarik, dan informatif ya! Memang suatu tantangan yang tidak mudah, tetapi teruslah latihan dan semangat untuk belajar seputar dunia periklanan lainnya. Tenang, lama-lama kamu akan terbiasa dan malah lebih tertantang untuk bikin iklan yang lebih menarik lagi!

Sambil coba-coba yuk langsung pasang iklan di aplikasi Tokko. Dijamin mudah, terjangkau, dan bisa langsung dapat tips untuk memasang iklan langsung dari virtual ads assistant loh! Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Baca Juga

Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Menghasilkan Penjualan
Coba bayangkan kamu adalah seorang calon pembeli. Kira-kira informasi apa saja sih yang kamu ingin dapatkan ketika membeli sebuah produk? Kalimat seperti apa yang pada akhirnya bisa bikin kamu tertarik untuk membeli? Nah, kurang lebih seperti itu cara mengetahui bagaimana...
Cara Mengajukan Permohonan dan Mendapatkan SNI
Jika kita berbicara soal beragam jenis produk yang ada di sekitar kita, jumlahnya hampir tak terbatas dan sangat banyak. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, benda elektronik, dan masih banyak lagi kategori atau jenis produk lainnya. Tapi pernahkah kamu berpikir mengenaik...
Strategi Marketing Melalui Biaya Pengiriman
Bicara tentang pengiriman produk atau shipping tidak akan pernah lepas dari persoalan biaya yang umumnya menjadi salah satu alasan besar mengapa seorang calon pembeli membatalkan transaksinya atau hanya memasukkan produkmu ke dalam wishlist mereka. Terkait itu, ada beberapa strategi yang...

Buat Toko Online-mu Sekarang!

Miliki toko online dalam 15 detik dan jual produkmu dengan lebih mudah.